Bagaiaman Cara mengajarkan Pendidikan Agama Sejak Kecil ? Coba Deh Cara Ini

Tabel of Content [View]
Cara mengajarkan Pendidikan Agama Sejak Kecil

Anak-anak bagaikan sebuah pisau yang sangat tajam. Apabila pisau itu diarahkan untuk hal-hal yang baik, maka pisau tersebut akan memberikan bermanfaat, seperti untuk memasak, memotong buah-buahan, memotong danging, berjualan dan sebagainya. 

Sebaliknya, apabila pisau itu diarahkan untuk hal-hal yang buruk, maka pisau tersebut akan mengantarkan pemiliknya kapada hal-hal  yang buruk pula. Begitupun dengan anak, apabila seorang anak sedari kecil diajarkan mengenai hal-hal yang baik, seperti pendidikan agama maka ia akan memiliki prilaku yang baik. 

Namun sebaliknya pula, apabila sedari kecil seorang anak tidak diajarkan oleh kedua orang tuanya mengenai pendidikan agama, maka ia tidak akan mengenal akan Tuhannya dan ia pun akan dengan mudahnya terbawa pada hal-hal yang buruk atau negatif.  

Oleh karena itu, peran orang tua sangat lah penting untuk perkembangan jiwa, emosional, atau pun masa depannya. Ada berbagai cara yang dapat orang tua lakukan supaya sedari kecil anak sudah dapat diajarkan mengenai pendidikan agama, diantaranya

Orang tua sebagai contoh

Seorang anak pasti akan mengikuti segala tingkah laku orang dewasa atau orang tuanya, dengan cara selalu melihat atau memperhatikan tingkah laku atau aktifitas yang dilakukan oleh orang tua. Dengan begitu, cara awal mengajarkan pelajaran agama kepada anak sedari kecil yaitu mulai lah dari orang tua. Apabila orang tua ingin mengajarkan anaknya untuk solat, maka ajak lah anak untuk solat berjamaah dengan orang tua. 

Tidak apa-apa apabila anak belum tau atau belum hafal mengenai bacaan-bacaan solat, yang penting anak sudah mengetahui bahwa solat itu penting. Dengan diarahkan dan diajak setiap kali orang tua solat, maka anak akan terbiasa utuk solat dan anak pun akan mengetahui waktu-waktu solat sedari kecil. Jadi pada intinya, mulailah dari orang tua.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Apabila anak anda sudah berusia 2-4 tahun, maka daftarkan lah anak anda untuk mengikuti sekolah PAUD. Dengan mendaftarkan anak sekolah, maka anak akan belajar tentang banyak hal, diantaranya yaitu tentang sosialisati, berinteraksi dengan teman-temannya, dan yang terpenti yaitu agama. Pasti setiap paud mengajarkan mengenai agama. 

Pendidikan di PAUD, tidak terus-menerus diberi tentang materi. Di sekolah, anak-anak diajarkan belajar sambil bermain sehingga anak akan merasa senang ketika belajar dan anak pun pasti pengetahui mengenai pengetahuan tentang agama sesuai dengan usianya.

Mengikut sertakan mengaji di masjid

Biasanya di masjid-masjid terdekat ada kegiatan mengaji, baik itu anak-anak atau pun untuk orang dewasa. Nah, manfaatkanlah hal tersebut, ajak anak untuk mengikuti kegiatan mengaji di masjid. Dengan begitu anak akan semakin paham mengenai agama.

Dongeng atau film kartun tentang agama

Dunia anak-anak merupakan dunia bermain dan penuh dengan imajinasi, oleh karan itu sering-seringlah membacakan dongeng kepada anak atau bisa juga dengan mengajak anak menonton film-film kartun yang bertemakan agama. 

Dengan cara tersebut imajinasi anak akan berkembang dan pengetahuan tentang agama pun akan bertambah.

Itu lah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memberi pendidikan agama pada anak-anak. Semoga beberapa cara yang telah di bahas di atas, dapat bermanfaat.