5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Tabel of Content [View]

Bau muluit bukanlah permasalahan sepele yang dapat begitu saja kita hiraukan. Sebab ketika kita berbicara dengan orang lain dan mulut kita bau, hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri kita terhadap orang lain. 

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya Secara Alami

 

Ketika rasa percaya diri berkurang, maka kita akan merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain, itu semua hanya diakibatkan oleh faktor bau mulut. Jadi kita jangan menganggap sepele mengenai permasalahan bau mulut ini. 

Sebelum kita membahas mengenai cara apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengatasi bau mulut. Terlebih dahulu kita harus mengenai mengenali penyebab bau mulut. 

Penyebab bau mulut diakibatkan oleh beberapa faktor

1. Kurang memerhatikan mengenai kebersihan mulut dan gigi atau dapat juga diakibatkan oleh cara membersihkan gigi yang kurang benar. Cara membersihkan gigi yang kurang benar dapat mengakibatkan bau mulut, sebab sisa-sisa makan yang masih menyelip di sela-sela gigi atau masih menempel di lidah. 

Hal tersebut dapat menjadikan sarang berkumpulnya kuman-kuman. Apabila kuman-kuman telah bersarang dimulut atau lidah maka akan menjadikan mulut menjadi bau.

2. Saluran pencernaan yang kurang baik juga dapat menyebabkan bau mulut. Sebab sisa atau ampas makanan yang belum dikeluarkan oleh pencernaan, apabila terus menerus barada di perut makan lama-kelamaan akan membusuk, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kesehatan mulut sehingga mengakibatkan nafas menjadi bau.

3. Jarang sarapan pagi juga dapat menimbulkan bau mulut. Sebab ketika kita tidak sarapan pagi, maka bakteri bisa jadi masih menempel di mulut. Namun ketika kita secara rutin sarapan pagi, bakteri-bakteri tersebut  dapat terbawa oleh makanan, sehingga mulut dapat menjadi lebih bersih dan segar. Selain itu juga setelah sarapan pagi, kita dianjurkan untuk menggosok gigi.

4. Infeksi gusi, infeksi tenggorokan, liver dan gagal ginjar, ternyata dapat mengakibatkan masalah bau mulut juga. Sebab bakteri yang menempel pada gusi atau tenggorokan akan mengakibatkan bau mulut. 

Sedangkan pada penderita liver, liver murupakan organ untuk mengatur metabolisme dalam tubuh, sehingga apabila metabolisme dalam tubuh terganggu, jumlah bakteri dalam tubuh pun akan meningkat sehingga pernafasan menjadi bau. 

Yang terakhir yaitu gagal ginja, seseorang yang memiliki penyakit gagal ginjal tidak dapat banyak minum air mineral, hal tersebut dapat mengakibatkan lidah kering. Apabila lidah kering akan mengakibatkan mau mulut juga.

5. Penyebab lain yang mengakibatkan bau mulut yaitu rokok, minuman beralkohol, serta makanan yang menimbulkan bau menyengat seperti pete, jengkol dan durian. Semua itu dapat mengakibatkan bau mulut. Ketika kita memakan-makanan tersebut, aromanya akan melekat di mulut dan dapat mengakibatkan bau mulut.

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebab bau mulut, sekarang ini kita akan membahas mengenai cara yang dapat kita kukan supaya masalah bau mulut dapat teratasi. 

Cara-cara untuk Mengatasi Bau Mulut

1. Rajinlah membersihkan gigi, minimal sehari dua kali yaitu sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur. Bersihkanlah gigi dengan cara yang benar dan jangan lupa juga untuk membersihkan lidah. Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, setelah selesai menyikat gigi, berkumurlah dengan obat kumur supaya mulut semakin bersih dan nafas pun semakin segar.

2. Konsumsilah sayur-sayuran dan buah-buahan supaya metabolisme tubuh atau pencernaan tubuh menjadi lancar. Sehingga sisa-sisa makanan tidak menumpuk di dalam perut dan dapat menjadikan pernafsan atau kesehatan mulut menjadi baik. Permasalahan bau mulut pun akan teratasi.

3. Hindari minuman beralkohol, kopi, teh, rokok dan makanan yang baunya menyengat, seperti yang dibahas di atas. Sebab makanan dan minuman tersebut dapat mengakibatkan bau mulut dan dapat mengakibatkan tempat bersarangnya bakteri.

4. Perbanyaklah minum air meniral, minimal 8 gelas perhari. Sebab ketika kita rajin meminum air mineral, metabolisme dalam tubuh pun akan baik dan mulut atau lidah kita pun tidak menjadi kering. Hal tersebut dapat mengatasi masalah bau mulut.

5. Supaya kesehatan mulut terus terjaga, lakukanlah pemeriksaan mulut dan gigi secara teratur. Suapaya kesehatan dan kebersihan mulut dapat selalu terjaga dan mulut pun akan semakin bersih.

Itu lah cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga sehatan  mulut, supa permasalahan bau mulut tidak menyerang dan kepercayaan diri anda pun semakin meningkat ketika berbicara dengan orang lain.